Sabtu, 03 Agustus 2013

Kata Siapa Pulau Seribu Indah?

Pertama kali mendengar kata pulau seribu, di pikiran saya langsung tergambar jajaran pulau yang berjumlah seribu. Pulau-pulau kecil tanpa penduduk yang berada di ujung utara jawa barat. Namun, setelah mencari keberadaan pulau seribu di google map, ternyata pulaunya tidak seribu. Melainkan hanya 128 pulau dan pulau itu tidak sepenuhnya kosong. Ada 9 pulau yang dapat disinggahi, bahkan ke-9 pulau itu memiliki keindahan alam yang luar biasa indahnya.

Kalau di Indonesia, Bali jadi surga wisatanya. Di Jakarta, Pulau seribu jadi surga keindahan alamnya.

Bagi traveler yang masih bingung dimana posisi pulau seribu, berikut ini peta yang menunjukkan keberadaan pulau seribu.
Pulau Seribu Map

Pulau-pulau yang dapat disinggahi di pulau seribu adalah Pulau bidadari, ayer, kotok, pelangi, putri, sepa, macan, pantara, dan pulau tidung. Kesembilan pulau itu memiliki keindahan dan wahana wisata masing-masing.

Untuk mencapai pulau seribu caranya cukup gampang karena terdapat banyak kapal yang dapat traveler tumpangi. Mulai dari kapal kayu, jenis kerapu, hingga kapal cepat dapat kamu pilih. So, cocok sekali bagi kamu backpacker yang ingin berwisata ke pulau seribu tapi isi dompet lagi kempes.
Pulau Seribu map

Sebenarnya ada beberapa lokasi keberangkatan yang dapat traveler gunakan untuk menuju ke pulau seribu. Mulai dari Muara Angke, Muara Kamal dan juga Pelabuhan Marina Ancol dapat menjadi pilihan yang tepat untuk start perjalanan.

Jika traveler berangkat dari Muara Angke, ada dua pelabuhan yang dapat digunakan yaitu pelabuhan lama dan pelabuhan baru (Kali Adem).
Pulau Seribu

Jika berangkat dari pelabuhan lama muara angke, biaya untuk naik kapal kayu adalah Rp 30.000/orang tergantung tujuan kamu. Jadwal kapal berangkat sekitar jam 07.00 WIB. Jadi kamu harus datang lebih awal agar tidak ketinggalan kapal. Kapal kayu dari pelabuhan lama muara angke akan berhenti di Pulau Untung Jawa, Pulau Pramuka, Pulau Kelapa, Pulau Harapan, Pulau Tidung, Pulau Panggang dan Pulau Pari.

Jika dari Pelabuhan Kali Adem, kapal yang tersedia adalah KM Lumba-lumba dan Kerapu. Untuk KM Lumba-lumba biayanya sekitar Rp 40.000-50.000/orang. Sedangkan KM Kerapu biayanya Rp 50.000/orang ditambah Rp 2.000 untuk asuransi.

Rute KM Lumba-lumba memiliki dua lintasan. Lintasan pertama menuju Pulau Untung Jawa, Pulau Pramuka dan Pulau Tidung. Lintasan kedua menuju Muara Angke, Pulau Untung Jawa dan Pulau Tidung. Sedangkan Rute KM Kerapu adalah Muara Angke, Pulau Untung Jawa, Pulau Pramuka dan Puau Kelapa (PP).
Pulau Seribu Marina Ancol

Khusus traveler yang suka ngebut, bisa naik kapal cepat dari Dermaga Marina Ancol. Rute kapal cepat adalah Pulau Untung Jawa, Pulau Pramuka, Pulau Kelapa, Pulau Harapan, Pulau Tidung dan Pulau Pari. Selain itu ada juga kapal cepat yang menuju ke Pulau Bidadari. Biaya naik kapal cepat sekitar Rp 300.000/orang dan dibuka mulai jam 08.00 WIB.

Yang lebih menyenangkan lagi jika berlibur ke pulau seribu adalah kondisi cuacanya. Kepulauan seribu aman dari cuaca buruk. Kepulauan Seribu di Teluk Jakarta letaknya tertutup Pulau Sumatra, Pulau Jawa, dan Kalimantan sehingga badai tak sampai membuat ombak tinggi.

Jika traveler khawatir dengan cuaca buruk di pulau seribu, kamu dapat check kondisi prakiraan cuaca berdasarkan BMG Indonesia secara online dibawah ini.

Perbesar dan arahkan kursor anda untuk mengetahui informasi cuaca, gelombang laut di perairan pulau seribu dan perairan lain di Indonesia.

Potensi wisata alam di kepulauan seribu sangat besar. Dari sembilan pulau yang dapat dihuni, masing-masing pulau memiliki kelebihan tersendiri.

-Pulau Ayer
Pulau Ayer

Keunikan dari pulau Ayer adalah keberadaan floating cottage nya. Di cottage ini anda dapat mendengar deburan ombak serta dapat memandang lautan secara luas. Selain itu fasilitas-fasilitas penujang lainnya juga di bangun di pulau Ayer. Mulai dari ruang meeting, restoran, dermaga pancing, kolam renang, arena bermain anak, karaoke room, water sport (jetsky, banana boat, canoe), mini market, fun bike, volley pantai, dan basket ada disana. Disini anda tidak perlu khawatir tentang ketersediaan air tawar karena pulau ayer miliki sumber mata air tawar.

-Pulau Bidadari
Pulau Bidadari

Bagi traveler yang suka wisata bahari maka disinilah surganya. Selain itu, beberapa bangunan tua bersejarah peninggalan VOC ada disini juga. Mulai dari prasasti, benteng Martello VOC beserta meriamnya dapat memberikan pengalaman wisata sejarah tersendiri di pulau ini.

-Pulau Pantara
Pulau Pantara

Di Pulau Pantara, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan laut yang indah. Air laut yang bening dan berwarna biru dihiasi batu karang yang indah dapat memberikan nuansa romantis di malam hari. Karena kejernihan air lautnya maka olahraga yang paling ramai adalah scuba diving. Di pulau ini banyak sekali fasilitas yang dapat anda sewa. Mulai dari snorkeling, diving, banana boat dapat menjadi pilhan yang menarik untuk dicoba. Kamu tidak perlu khawatir tentang penginapan karena Pantara Island Resort menyediakan cottages, pool, bar, meeting room, discotheque dan fasilitas-fasilitas hiburan lainnya yang dapat dinikmati disini.

-Pulau Kotok
Pulau Kotok

Pulau Kotok memberikan sebuah karakteristik, tradisional, dan lingkungan tropis yang alami. Di pulau ini kekayaan bahari sangat terjaga kelestariannya. Selain itu, disana kamu akan menemukan banyak satwa liar yang jinak seperi biawak, dll.

-Pulau Putri
Pulau Putri

Di pulau putri, traveler akan disuguhkan kekayaan bawah laut yang mengasikkan. Disini terdapat resort yang memiliki Undersea Aquarium. Bukan cuma itu, akuarium raksasa dan kolam yang menyatu dengan laut juga melengkapi resor ini. Tak kalah menarik lainnya adalah fasilitas yang disediakan. Mulai dari kolam renang, lapangan tenis, aktivitas air (water bee, kano, banana boat), dan dive shop, serta live music disaat weekend menjadi wahana yang harus dinikmati.

-Pulau Sepa
Pulau Sepa

Sepa menjadi tempat favorit bagi para diver, karena diving dan snorkeling merupakan kegiatan utama di pulau ini

-Pulau Pelangi
Pulau Pelangi

Warna-warni pelangi mulai terasa ketika traveler menginjakkan kaki di pulau ini. Fasilitas di pulau ini juga tak kalah menarik dari pada pulau tetangganya. Sebut saja penginapan, diving, snorkeling, memancing, lapangan tenis, toko, klinik kesehatan, dan berbagai fasilitas lainnya yang menunjang kegiatan berwisata.

-Pulau Pramuka
Pulau Pramuka

Pulau Pramuka disebut sebagai pusat pemerintahan Kepulauan Seribu. Disini berbagai fasilitas umum dan pemerintahan dibagun, seperti sekolah, gedung pemerintahan, masjid maupun penginapan yang cukup terjangkau.

-Pulau Tidung
Pulau Tidung

Pulau tidung merupakan salah satu pulau terbesar di gugusan kepulauan seribu. Di pulau ini, traveler dapat bersnorkeling, bersepeda santai, diving, memancing, fotografi, maupun berkemah.

Bagi traveler pencinta kuliner, jangan khawatir masalah makanan di pulau seribu. Masyarakat Kepulauan Seribu memiliki ragam jenis makanan yang juga berfungsi secara beragam pula. Secara garis besar, makanan di pulau seribu memiliki fungsi sebagai makanan keseharian, makanan pada waktu hajatan, makanan untuk perayaan hari raya, dan makanan untuk ritual khusus.

Dari beberapa makanan khas yang ada, Janda Mengandang merupakan makanan yang patut kamu coba. Kue ini dibuat sebagai bekal untuk para suami yang pergi melaut dan belum bisa dipastikan kapan mereka akan kembali. Kue ini menggambarkan bahwa para istri pelaut ibarat janda-janda yang ditinggal para suaminya. Kue Janda Mengandang terbuat dari adonan tepung beras, sagu, dan ampas kelapa yang kemudian dikusus dan dimakan dengan cara dicocol dalam air gula jawa.
kue Janda Mengandang

Selain kue Janda Mengandang, makanan khas pulau seribu lainnya adalah Putri Mandri, Semar Mesem, Putu Manyang, Kue Adas, Kue Podeng, Ongol-ongol, Alia Begenteh, Santri Ngutil, Kue Intil, Kue Selingkuh, Laksa, Bom Atom, Roket,  Kue Kolong, Abon Ikan, Puk Cue, Kerupuk Cue, Kue Jepa (Emplek-emplek), Kue Seselit, Peler Berdebu, dan Belibar Manggis. Sedangkan makanan khas untuk hajatan adalah Lambang Sari, Kue Bugis, Bika Ambon, dan Kue Pepe’ (kue Lapis)
souvenir khas dari pulau pramuka

Sehabis liburan dari kepulauan seribu, traveler dapat berburu souvenir khas pulau ini. Salah satu contoh adalah souvenir khas dari pulau pramuka yaitu opesetan kupu-kupu yang dikemas dalam bentuk awetan kering, hiasan dinding (pigura) dan gantungan kunci. Kupu-kupu ini merupakan hasil penagkaran dari pulau pramuka. So, selain traveler dapat menikmati wisata.

Jadi, Masih Tanya "Kata Siapa Pulau Seribu Indah?"



Berbagi merupakan hal yang menyenangkan, Apalagi berbagi informasi yang bermanfaat. Jika menurut Anda artikel diatas bermanfaat, Klik salah satu tombol diatas untuk berbagi.Tuangkan komentar Anda pada kolom komentar dibawah ini.

Salam
belove

1 komentar: